Alpen Steel | Renewable Energy

~ Belum Optimalnya Pemanfaatan Energi Terbarukan

Pemanfaatan Energi Terbarukan Belum Optimal

Komite BPH Migas Saryono Hadiwidjoyo menegaskan, dalam jangka pendek potensi energi terbarukan tidak dapat menggantikan energi fosil. Kendati energi terbarukan merupakan sumber utama yang mensubsitusi energi fosil pada penyediaan energi nasional di masa mendatang. 

''Potensi energi terbarukan cukup besar namun pemanfaatannya masih belum optimal,'' katanya dalam diskusi bulanan di Pusat Studi Energi (PSE) UGM.
Dia menyebutkan, potensi energi air misalnya, diperkirakan mencapai 75 ribu MW sedangkan kapasitas yang sudah terpasang baru mencapai 6.848 MW. Sebagai negara yang kaya akan gunung berapi, Indonesia memiliki potensi energi panas bumi mencapai 28.636 MW namun baru dimanfaatkan 1.341 MW. 

Berikutnya, energi terbarukan lainnya biomassa, diperkirakan mencapai 49 GW. ''Energi baru seperti nuklir potensinya mencapai 3 GW,'' ujarnya.
Belum dimanfaatkan potensi energi terbarukan secara optimal hingga saat ini menurutnya, menjadi persoalan serius bagi pemerintah karena kebijakan energi nasional yang ditetapkan pemerintah pada tahun 2025 menargetkan bauran energi baru dan energi terbarukan sebesar 17 persen dari energi nasional. 

Sementara itu strategi pemerintah untuk meningkatkan pangsa energi baru terbarukan melalui pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi dan Pembangkit Listrik Tenaga Air. Adapun untuk akses energi listrik pada daerah terpencil, pulau kecil, dan daerah perbatasan melalui tenaga mikro hidro dan tenaga surya.
''Untuk biomassa berbasis limbah pertanian dan sampah kota, angin dan arus laut dan gelombang tengah disiapkan tahapan komersialisasinya,'' katanya.

Sumber darihttp://www.suaramerdeka.com (Yogyakarta)

Ditulis oleh : Bambang Unjianto / CN26 / SMNetwork


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook