Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemerintah Indonesia Undang Jepang Untuk Pengembangan Energi Terbarukan

Selain Energi Terbarukan, Pemerintah Undang Jepang Investasi LED
Ilustrasi: (Foto: Reuters)JAKARTA - Pemerintah Indonesia tengah serius mengembangkan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) karena mempunyai potensi yang cukup besar dan untuk mengurangi ketergantungan akan minyak.

Direktur Jenderal Kerjasama Industri Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahjana mengatakan, pemerintah daerah Osaka merupakan daerah yang unggul untuk pengembangan EBTKE. Menurutnya, Indonesia tertarik melakukan kerjasama untuk pengembangan ini.

"Terus kita juga menyampaikan, Indonesia tertarik juga karena di sana itu unggul di bidang konservasi EBTKE. Kita sedang mendorong adanya perusahaan yang namanya Esco (Energy Service Company)," ucap Agus di kantornya, Jakarta, Senin (17/2/2014).

Agus menambahkan, di Indonesia sendiri sudah banyak asosiasi-asosiasi penggiat EBTKE ini untuk dikembangkan. Dengan adanya perusahaan Jepang yang sudah berkompeten di bidang EBTKE akan mampu bertukar pengalaman.

"Kita sudah banyak kok, ada asosiasi di sini, kita kan sudah ada kerjasama dengan AS dan world bank untuk ESCO. Karena Jepang unggul, kita harapkan bahwa bisa memberikan kerjasama perusahaan yang bergerak di bidang ini bertukar pengalaman," paparnya.

Menurut Agus, hal ini penting dilakukan untuk menekan tingkat pemakaian energi yang berlebihan dan bisa mengembangkan potensi EBTKE di Indonesia yang cukup besar.

"Karena kita mau tidak mau harus menekan tingkat dari pemakaian energi. Dan pada akhirnya energi itu berhubungan dengan masalah polusi. Semakin hemat semakin baik kita baik menggunakan energi, polusi semakin berkurang. Karena dia sudah maju sekali, kita harap perusahaan-perusahan kita bisa kerjasama dengan ESCO," cetusnya.

Selain di bidang EBTKE, Indonesia juga tertarik untuk mengembangkanLight Emitting Diode (LED) bersama Pemerintah Osaka.

"Ada lagi juga mengenai LED, kita juga tertarik karena dia juga cukup maju. Lebih banyak ke arah energi sekarang. Tapi untuk sekarang mereka belum niat investasi," tuturnya.

Wakil Menteri Perindustrian, Alex SW Retraubun menambahkan, kerjasama bisnis antara pengusaha kedua negara dapat memberikan berkontribusi yang berarti pada pembangunan industri di Indonesia yang pada gilirannya dapat mengubah pola perdagangan bilateral yang selama ini berjalan.

"Saya berharap kunjungan kali ini akan lebih menambah keyakinan kedua pihak untuk mempererat jaringan kerja antara kedua pemerintah dan diikuti peningkatan hubungan bisnis di antara pelaku usaha industri. Dan secara khusus dapat mengintensifkan kerjasama bidang kelestarian lingkungan dan EBTKE dalam kegiatan industri Tanah Air," pungkasnya.

Seperti yang diketahui, para Delegasi Pemerintah Osaka, Jepang yang terdiri dari Gubernur Osaka, Ichiro Mastui dan 11 perusahaan asal Osaka mendatangi Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Perindustrian. (wdi)

Sumber : Okezone.com
PenulisDani Jumadil Akhir

(http://economy.okezone.com/read/2014/02/17/19/941934/selain-energi-terbarukan-pemerintah-undang-jepang-investasi-led)


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook