Alpen Steel | Renewable Energy

~Mulai dari Perut Bumi Hingga di Atas Langit, RI Dianugerahi Energi Listrik

Mulai dari Perut Bumi Hingga di Atas Langit, RI Dianugerahi Energi Listrik

RI Dianugerahi Energi Listrik, Mulai dari Perut Bumi Hingga di Atas Langit

Yogyakarta -Indonesia bukan negara kaya minyak bumi dan batu bara, yang jumlahnya terbatas dan pasti habis. Negeri ini dianugerahi banyak potensi energi baru terbarukan yang berlimpah yang bisa dijadikan listrik. Saat ini, energi-energi tersebut sedang menunggu untuk dimanfaatkan.

"Sayangnya sifat energi baru terbarukan ini tidak bisa diangkut, hanya bisa dimanfaatkan di daerahnya saja, tidak seperti minyak, gas, dan batu bara yang bisa dibawa ke mana-mana, termasuk diekspor ke luar negeri," kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Mulyana, ditemui di Kantor PLN Yogyakarta, Senin (4/5/2015).

Rida mengungkapkan, energi baru terbarukan yang dimiliki Indonesia sangat beragam, mulai dari di dalam perut bumi berupa panas bumi (geothermal) yang bisa jadi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), sungai yang bisa jadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), biomassa, di laut ada energi gelombang ombak, ada angin, sampai energi di atas langit yakni sinar matahari yang bisa jadi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Potensi yang bisa dimanfaatan jadi listrik juga sangat besar, untuk panas bumi bisa lebih dari 28.000 MW, dari air atau PLTA bisa sampai 75.000 MW, ombak, samudera, arut laut hingga energi dari perbedaan temperatur karena kedalaman air laut hingga 61.000 MW, biomassa hingga 32.000 MW, mereka semua menunggu untuk dimanfaatkan," ungkap Rida.

Namun, Rida mengakui, untuk memanfaatkan energi baru terbarukan tersebut masih banyak sekali tantangannya, salah satunya ketersediaan teknologi yang belum ada di dalam negeri.

"Kita tahu selama ini teknologi energi baru terbarukan sebagian besar harus kita impor, kalau terus bergantung tidak elok juga, makanya seiring gencarnya pemerintah membangun pembangkit listrik 35.000 MW, industri dalam negeri akan tumbuh, mulai dari boiler, turbin, trafo dan lainnya bisa diproduksi di dalam negeri, di mana saat ini industri-industri tersebut masih terbatas," tutup Rida.

Judul : RI Dianugerahi Energi Listrik, Mulai dari Perut Bumi Hingga di Atas Langit

Sumber : Rista Rama Dhany - detikfinance

 (rrd/dnl)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook