Alpen Steel | Renewable Energy

~Arab Saudi Siap-siap Beralih ke Energi Surya

Arab Saudi Siap-siap Beralih ke Energi Surya

VIVA.co.id-Arab Saudiselama ini dikenal sebagai negeri kaya minyak dan pengekspor minyak mentah terbesar didunia. Tapi negeri ini sudah siap dengan kelangkaan bahan bakar fosil di masa depan.

Dikutip dariIB Times,Jumat 22 Mei 2015, Arab Saudi mempertimbangkan untuk mendalamienergisurya dan mengekspor energi alternatif di masa depan."Di Arab Saudi, kami mempertimbangkan nantinya pada suatu hari, kami tak lagi membutuhkan energi fosil," ujar Menteri Minyak Arab Saudi, Ali Al-Naimi dalam konferensi perubahan iklim di Paris, Prancis.

Al-Naimi mengatakan dia tak tahu secara persis kapan kelangkaan energi fosil itu akan terjadi. Meski demikian, negerinya sudah mempersiapkan kondisi tersebut."Saya tak tahu kapan itu, apakah 2040, 2050 atau setelah itu. Jadi kami telah memulai mengerjakan program pengembangan energi surya," ujar dia.

Dengan program energi alternatif itu, Al-Naimi berharap di masa depan Arab Saudi bisa mengekspor energi surya dan mulai meninggalkan bahan bakar fosil.
"Kami nanti akan mengekspor tenaga listrik (surya) gigawatt," kata dia.

Al-Namini mengatakan harga minyak yang cukup besar sekitar US$30 atau US$40 per barel tak akan membuat tenaga surya menjadi tak potensial untukbisnis. Sang menteri malah berpandangan sebaliknya.

"Saya yakin energi surya akan lebih ekonomis dibanding bahan bakar fosil," kata dia. LamanCNBCmenyebutkan, Arab Saudi merupakan negara konsumer terbesar yang mengonsumsi minyak tanah di Timur Tengah. Negeriinijuga mengonsumsi lebih dari 25 persen total produksi minta mentah untuk digunakan secara domestik. Padahal produksi minyak mentah Arab Saudi lebih dari 10jutabarel per hari.

Arab Saudi bisa terancam krisis. Menurut laporan 2012 Citigrup, jika permintaan minyak Arab Saudi terus tumbuh pada tingkat yang ada saat ini, maka diperkirakan pada 2030 nanti, akan menjadi negeri pengimpor minyak.

Link : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/628947-arab-saudi-siap-siap-beralih-ke-energi-surya

Sumber : Amal Nur Ngazis

 


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook