Alpen Steel | Renewable Energy

~Dikunjungi Banyak Orang Asing, Bali Jadi Percontohan Energi Terbarukan

Jakarta -Pemerintah Kementerian ESDM akan mendorong pengembangan energi baru terbarukan (renewable energy). Salah satu prioritasnya, menjadikan Bali sebagai 'etalase' atau percontohan pemanfaatan renewable energy seperti surya, angin, geothermal, hingga bioenergi untuk memenuhi kebutuhan listrik. 

Bali dipilih, karena Pulau Dewata ini selalu ramai dikunjungi oleh warga negara asing. sehingga cocok sebagai percontohan.

"Bali akan jadi contoh pusat energi baru terbarukan, kalau Sumba baik tapi terlalu kecil. Bali dipilih karena dikunjungi banyak orang asing," kata Menteri ESDM Sudirman Said, di kantor Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2015).

Pemerintah, kata Sudirman, akan bekerja secara konsisten mendorong perkembangan energi terbarukan. Pemerintah ingin 25% bahan bakar untuk pembangkit pembangkit 35.000 MW bersumber dari energi baru terbarukan.

"Saya kira pertama kali kita dengar 25% itu datang dari EBT (energi baru terbarukan). Kami harapkan menjadi nyata. Saya kira bagaimana EBT akan semakin didorong maju," ujarnya.

Di tempat yang sama, Dirjen EBTKE Rida Mulyana, menyebut energi baru terbarukan sebagai solusi jangka panjang karena bebas polusi.

Selain itu, Kementerian ESDM telah menyusun regulasi agar investor tertarik masuk menanamkan investasi di dalam pengembangan energi terbarukan.

"Kami sudah perbaiki tarif energi sampah, bioenergi, PLTMH (mini hidro), tarif PLT Banyu kami perbaiki. Energi surya juga mau kami perbaiki. Semua double digit. Tidak ada yang kecil. Ini untuk merangsang. Mana ada pengusaha mau masuk bila untung kecil," ujarnya.

Sumber : Feby Dwi Sutianto– detikfinance


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook