Alpen Steel | Renewable Energy

~Tujuh Syarat Energi Baru Terbarukan untuk Sukses

JAKARTA - Energi Baru dan Terbarukan (EBT) diharapkan akan mampu menjadi alternatif energi jangka panjang bagi Indonesia. Pasalnya, permintaan energi nasional tumbuh lebih tinggi dibandingkan permintaan energi global. Menurut International Energy Agency (IEA), pertumbuhan energi global pada dekade ini mencapai 1,4 persen. Bandingkan dengan pertumbuhan permintaan energi nasional yang mencapai 3 hingga 4 persen per tahunnya.

Untuk itu, EBT merupakan suatu keharusan untuk dapat dikembangkan oleh Indonesia. Menyikapi hal ini, Pertamina dalam dialog pada acara Pertamina Energy Forum telah menyampaikan tujuh hal yang perlu disediakan oleh pemerintah agar EBT dapat segera digunakan oleh masyarakat.

"Ke depan, dalam rangka keberlanjutan penyediaan energi, pemerintah harus menerapkan skema petroleum guna meningkatkan cadangan terbukti migas dan serius menggunakan EBT," tutur Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Wisnuntoro di Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Menurut Wisnuntoro, ada 7 hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah agar dapat segera memanfaatkan EBT. Ketujuh hal tersebut adalah penetapan harga jual listrik sesuai tingkat keekonomian, pemberian subsidi, pemberian insentif, kemudahan perizinan, penataan lahan untuk kepentingan energi, tata kelola pemerintahan yang terjaga dan bersih, serta penegakan hukum yang adil.

Ketujuh hal ini merupakan syarat yang harus segera dipenuhi oleh pemerintah dari berbagi sektor guna menekan biaya penggunaan EBT yang masih tergolong mahal. Oleh karena itu, setelah pemerintah memenuhi tujuh persyaratan ini, EBT diharapkan dapat dinikmati oleh masyarakat dengan biaya yang lebih terjangkau. (rzy)

Sumber: Dedy Afrianto

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook