Alpen Steel | Renewable Energy

~ Lempengan Tipis Modul Surya

Big Blue Coba Tingkatkan Efisiensi Sel Surya

 

Kapanlagi.com - IBM atau yang dikenal dengan julukan Big Blue memang bukan pemain baru dalam bidang teknologi. Setelah mencoba memasukkan kanal air ke dalam struktur prosesor komputer, kali ini IBM mencoba membuat sel surya yang lebih efektif dan efisien.

IBM menggaet perusahaan Jepang Tokyo Ohka Kogyo (TOK) dalam mengembangkan sel surya ini. Kerja sama ini akan berfokus pada efisiensi dari lempengan tipis modul surya yang selama ini sudah ada dengan cara mengembangkan teknik baru pencetakan sel copper-indium-gallium-selenide (CIGS).

Saat ini produsen CIGS hanya mampu mengubah sekitar 6% sampai 12% dari sinar matahari menjadi energi listrik. IBM dan TOK berharap dapat membuat sel surya yang mampu mengubah 15% atau lebih sinar matahari menjadi energi listrik.

Sekitar bulan April kemarin, National Renewable Energy Laboratory milik Departemen Energi AS berhasil mengembangkan sel surya yang mampu mengubah 19,9% dari sinar matahari yang ia terima menjadi energi listrik. Namun harga produksi dari sel surya ini masih terlalu tinggi untuk diproduksi secara masal.

Seperti diberitakan Channel Web dalam salah satu beritanya di hari Senin (16/06/08) dikabarkan bahwa IBM dan TOK tidak berencana untuk memasarkan sendiri hasil dari proyek penelitian ini namun mereka berharap bahwa dalam 2 atau 3 tahun ke depan dapat menjual hak cipta dari penemuan ini pada produsen sel surya.

IBM dan TOK berharap dapat mencapai tingkat efisiensi yang cukup tinggi sehingga proses memproduksi listrik dari sinar matahari dapat seefisien saat memproduksi listrik secara tradisional. (web/roc)

 

Sumber : kapanlagi.com

 

 

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook