Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya Cocok Untuk DiPerkotaan

Penerangan Jalan Bertenaga Surya Bagus Di Perkotaan

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS)Solo (ANTARA News) - Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta, Jawa Tengah, M Rodhi, menyarankan pemerintah kota ini segera mengganti lampu penerangan jalan umum dengan menggunakan sumber tenaga surya.

"Hal ini sebagai salah satu upaya mengurangi ketergantungan (energi listrik) dari Perusahaan Listrik Negara," kata Rodhi, di Solo, Minggu, menanggapi pemadaman ribuan lampu penerangan jalan oleh PLN menyusul tunggakan pembayaran pemerintah kota ini.

Selain mengurangi ketergantungan terhadap PLN, kata dia, cara tersebut juga akan menghemat anggaran yang harus dikeluarkan pemerintah.

Ia menjelaskan, setiap tahun Pemerintah Kota Solo menganggarkan dana lebih dari Rp20 miliar untuk membayar tagihan listrik penerangan jalan umum. Padahal dengan penerangan jalan bertenaga surya, akan menghemat pengeluaran untuk dibayarkan ke PLN itu.

Menurut dia, berdasarkan perhitungan awal, untuk menyediakan sekitar 4.000 panel surya, dibutuhkan anggaran sekitar Rp24 miliar.

"Satu panel mampu mengaliri listrik lampu di enam titik. Dengan demikian, akan ada sekitar 24.000 lampu bertenaga surya," kata politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Penggunaan lampu bertenaga surya ini, kata dia, akan menghemat anggaran, karena biaya pemeliharaan yang harus disediakan tidak sebesar kebutuhan untuk membayar tagihan ke PLN.

Sementara itu, menanggapi pemadaman lampu penerangan jalan pada Jumat malam (23/12), ia cukup menyayangkan tindakan yang dilakukan PLN.

"Apalagi ini bertepatan dengan perayaan Natal dan pergantian tahun. Seharusnya PLN menjadi bagian dari upaya menjaga kondusivitas masyarakat," katanya.

Selain itu, ia juga memastikan pemerintah kota akan membayar tagihan tunggakan sebesar Rp8,9 miliar ke PLN. "Kami sudah anggarkan di 2012 sekitar Rp9 miliar," katanya.


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook