Alpen Steel | Renewable Energy

~ Indonesia butuh PLTS berkapasitas 60 MWp/tahun

Jakarta (ANTARA News) - Indonesia memerlukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 60 MWp setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di daerah kepulauan terpencil, kata Koordinator Sistem Photovoltaik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kholid Akhmad.

Ini mengacu pada Peraturan Presiden No. 5/2005 yang menyebutkan bahwa target kontribusi tenaga surya pada 2025 sebesar 0,2-0,3 persen dari bauran energi nasional, kata Kholid di Jakarta, Rabu. 

Menurut dia, pemerintah telah membuat sejumlah regulasi untuk mendukung pemanfaatan energi terbarukan di berbagai daerah agar peran energi alternatif bisa mencapai 17 persen dari bauran energi nasional pada 2025.

Melalui konsorsium badan usaha milik negara seperti PT LEN Industri, kata dia, pemerintah tahun ini akan merealisasikan pembangunan industri sel surya berkapasitas produksi 60 MWp per tahun. 

"Diharapkan pada Juli 2013 sudah bisa berproduksi," katanya serta menambahkan produksi sel surya diharapkan bisa menekan harga listrik PLTS.

Ia menambahkan, saat ini sudah enam perusahaan yang memproduksi sel surya. 

Menurut Kholid, industri sel surya yang akan dibangun menggunakan teknologi kristalin silikon c-Si dengan pertimbangan jenis sel c-Si banyak digunakan produsen sel surya di dunia, sementara teknologi thin film (a-Si) masih dalam kajian.

"Untuk mendapatkan daya listrik yang besarnya sama, teknologi thin film memerlukan permukaan modul yang dua kali lebih luas sehingga butuh lahan dua kalinya, begitu pula biaya penyangga modul dan kabel," katanya.
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook