Alpen Steel | Renewable Energy

~ Proyek Pengembangan Energi Listrik Tenaga Surya Terganjal Masalah Infrastruktur


Pekerja mengecek panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di SMPN 19 Jakarta, Rabu (26/2). Sebanyak 142 panel ini mampu menghasilkan daya sebesar 20.000 watt. TEMPO/Dian Triyuli Handoko

Proyek Listrik Surya Terganjal Pasokan Listrik
Proyek pengembangan energi listrik tenaga surya di Indonesia terganjal masalah infrastruktur. Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, mengatakan pembuatan sel surya atau solar cell untuk pembangkit listrik kini terjegal pasokan listrik. "Pabriknya tidak mendapatkan pasokan listrik," ujarnya di kantornya, Senin, 1 September 2014. 

Menurut Budi, ada beberapa investor yang tertarik membangun pabrik sel surya di Indonesia, salah satunya di Sumatera Utara. Namun rencana itu batal dilaksanakan karena Sumatera Utara masih mengalami kekurangan pasokan listrik.

Rencananya, tutur Budi, investor tersebut akan mendirikan pabrik pengolahan sel surya dari bahan baku ingot--hasil pemurnian pasir silika. Ingot tersebut akan dilebur dan diracik dalam bentuk wafer yang bisa menghasilkan listrik jika terkena cahaya matahari. Namun, untuk mengolah ingot dan melebur silika, pabrik tersebut memerlukan pasokan listrik yang cukup besar.

Menurut Budi, industri hilir semacam itu belum dimiliki Indonesia. PT Len Industri (Persero), kata dia, bisa membuat pembangkit dari solar cell. "Tapi wafernya masih harus diimpor," ujarnya. Pabrik solar cell, ujar Budi, idealnya dibangun di dekat tambang silika agar ekonomis. Untuk itu, dia berharap pasokan listrik untuk pabrik bisa tersedia dalam waktu dekat. "Agar investor tertarik."

Sumber darihttp://www.tempo.co (TEMPO.CO, Jakarta)

Ditulis oleh : HUSSEIN ABRI YUSUF

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook