Alpen Steel | Renewable Energy

~Immortus, Mobil Listrik Bertenaga Surya

Perkembangan teknologi transportasi di negara maju sudah jauh melampaui perkembangan transportasi di negeri sendiri. Bukan hanya perkembangan mobil berdaya ulang baterai, ada juga mobil listrik bertenaga surya.

Saat ini tersedia mobil sport listrik yang membebaskan kita dari pengisian ulang. Perusahaan EVX Ventures yang berbasis di Melbourne, Australia, telah mengungkapkan detail tentang sebuah mobil listrik jenis sport bertenaga surya yang dapat digunakan sepanjang hari.

Mobil bernama Immortus ini adalah mobil listrik berkapasitas dua penumpang yang dirancang untuk daya jangkau tak terbatas saat matahari bersinar. Kemampuan ini didukung oleh panel surya sebesar 7 meter persegi pada bagian eksteriornya.

Immortus meminjam teknologi tenaga surya dari sebuah proyek yang didanai oleh Aurora Solar Car Team di Australia. Dengan berat hanya 550 kg, mobil ini sangat ringan dengan tingkat aerodinamis yang tinggi sehingga tampilannya tidak seperti mobil pada umumnya.

Berkat panel surya tersebut, Immortus hanya membutuhkan baterai Litihium-ion berukuran 10 kWh untuk menggerakkan dua motor listriknya. Di malam hari atau saat tidak ada sinar matahari di siang hari, daya jangkaunya adalah 400 km.

Namun saat matahari bersinar, Immortus mampu menjelajah secara tak terbatas, selama rata-rata kecepatan yang dipakai adalah di sekitar 60 km/jam. Namun bila kecepatan dinaikkan ke 85 km/jam, Immortus dapat menjangkau sekitar 550 km.

Penulis: NW/G15

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook