Alpen Steel | Renewable Energy

~Pemprov Kalbar Bangun PLTS untuk Masyarakat Dusun Merau

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Barat secara bertahap memanfaatkan energi alternatif yang potensinya sangat besar di Kalimantan Barat, yakni energi matahari sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

 

“Ini untuk wilayah pedalaman yang sulit dijangkau Perusahaan Listrik Negara (PLN), seperti wilayah pedalaman perbatasan Kalimantan Barat, letaknya di Merau Kecamatan Entikong, Sanggau,” ujar Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalbar, Alfridus Anjioe, di Pontianak, Rabu (30/9/2015).

 

Dijelaskan Alfridus, rencana pembangunan PLTS terpusat untuk masyarakat Dusun Merau, Desa Entikong Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau.

 

“Ini diusulkan Bapak Gubernur Kalimantan Barat Drs Cornelis MH, ke Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian ESDM melalui dana APBN tahun 2015 telah disetujui dan dilakukan pelelangan,” ujarnya.

 

PLTS dengan sistem terpusat atau sentralisasi, kata Alfridus, artinya pembangkit tenaga listrik dilakukan secara terpusat dan suplai daya ke konsumen dilakukan melalui jaringan distribusi. Sistem ini cocok dan ekonomis pada daerah dengan kerapatan penduduk yang tinggi.

 

Lebih Lanjut Alfridus mengatakan, lokasinya pun sudah disurvei, dengan kapasitas listrik sekitar 50 kWp yang direncanakan selesai pengerjaanya Desember 2015.

 

"Kita harapkan masyarakat Dusun Merau Entikong, bisa memanfaatkan fasilitas listrik dengan baik, jika sudah terpasang kelak, agar bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” kata Alfridus.(*)

Sumber:Tribun Pontianak

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook