Alpen Steel | Renewable Energy

~ Potensi Energi Angin Begitu Besar

Potensi Energi Angin Di Atas Laut Sangat Besar

Charlie Zender, associate professor di Earth system science University California, yang juga salah satu ilmuwan yang melakukan studi tersebut menjelaskan bahwa pada ketinggian tertentu, angin bergerak dengan sangat cepat dan semakin meningkat dengan bertambahnya ketinggian. Masih menurutnya, dengan kondisi seperti ini, angin menjadi sumber energi yang lebih baik dibandingkan dengan sumber energi lain.

Studi yang dilakukan Zender bersama dengan timnya merupakan yang pertama dilakukan untuk menghitung potensi energi angin di atas laut dengan ketinggian menara turbin pada umumnya.

Berdasarkan studi yang dilakukan selama tahun 2000 hingga 2006 tersebut, besarnya potensi energi angin setiap meter persegi luas sapuan rotor turbin menghasilkan 841 Watt. Jadi untuk sebuah turbin angin lepas pantai dengan ketinggian tipikal 80 meter, bisa menghasilkan 1 juta Watt, cukup untuk menyuplai 1.000 rumah.

Hanya saja jika dibandingkan dengan turbin angin di daratan, biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya lebih besar 50%. Teknologi dan material yang mampu bertahan pada kodisi ekstrim laut memang diperlukan. Selain itu panjangnya transmisi yang dibutuhkan untuk mengalirkan listrik ke daratan juga menambah daftar tambahan biaya, belum lagi biaya pemeliharaan rutin yang harus dilakukan.

Setidaknya, jika studi yang didukung NASA dan National Science Foundation tersebut disertai dengan hasil-hasil studi potensi energi angin di daratan, maka akan bisa didapatkan potensi angin secara global.

Planethijau.com 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook