Alpen Steel | Renewable Energy

~ Efek Magnus Kincir Angin Spiral

Kincir Angin Spiral Ala Jepang

 

 

 

www.aqooa.com

 

Pemandangan yang tidak lazim dari sebuah kincir turbin angin tampak pada sebuah area di danau terbesar kedua di Jepang. Apa yang membuat kincir tersebut terlihat aneh adalah kincir tersebut tidak menggunakan propeler yang lazim digunakan pada turbin angin. Kincir yang dicat dengan warna kuning pucat dan hijau dan berdiri tegak setinggi 18 meter tersebut menggunakan lima buah propeler yang berbentuk silinder dengan sirip spiral mengelilingi propelernya.

 

Turbin angin inovatif tersebut dibuat oleh Mecaro Co. Oleh Mecaro, teknologi yang digunakannya disebut ''turbin Magnus''.

Nobuhiro Murakami, wakil direktur Mecaro mengatakan,''Hampir semua kincir angin di Jepang adalah buatan luar negeri. Saya ingin mengetahui kemungkinan dibuatnya kincir angin yang dilakukan di dalam negeri''.

Pada tahun 1970, Jepang sudah mencoba untuk mengembangkan energi angin sebagai sumber energi alternatif. Tetapi karena pertimbangan kepulauan jepang yang banyak mempunyai pegunungan, yang mengakibatkan kekuatan angin dan arahnya sering berubah-ubah, maka pemerintah Jepang kurang begitu mengutamakannya.

Murakami merasa bahwa dia harus membuat kincir angi yang sesuai dengan kondisi alam lokal. Dalam proses percobaannya yang dilakukan berulang kali, dia mendapati bahwa sebuah silinder dengan sirip bisa menghasilkan energi yang lebih baik dibandingkan dengan propeler yang berbentuk baling-baling.

Selain itu, menurutnya, silinder yang dipilin tersebut juga lebih kuat, stabil, tidak menimbulkan bunyi bising dibandingkan dengan tipe baling-baling.

Kincir yang menggunakan efek Magnus dan menghasilkan daya sebesar 12kW tersebut mampu bertahan di tengah terpaan angin berkecepatan 50 meter per detik.



Sumber: dari berbagai sumber

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook