Alpen Steel | Renewable Energy

~ Bendung Angin Ciptakan Energi Listrik

Membendung Angin Menciptakan Listrik

 


Foto : ecofriend.org

Insinyur Inggris Laurie Chetwood punya cita-cita membendung angin untuk menciptakan energi listrik.

 

Sebuah layar berbahan kevlar yang biasa digunakan pada kapal pesiar dibentangkan di atas danau Ladoga Rusia. Layar seluas 1.500 meter persegi itu dibentuk menjadi corong. Di tengahnya dipasang tiga buah turbin. Angin yang tertangkap layar akan bergerak ke pusat layar kemudian memutar turbin. Terciptalah energi listrik.

Berdasar simulasi dengan komputer, satu layar akan menghasilkan energi listrik 120 juta watt per tahun. Cukup untuk setidaknya 35 rumah.

Namun proyek Chetwood menuai banyak kritik dari beberapa ilmuwan. Stephen Conors, ahli energi angin dari Massachusetts Institute of Technology Energy Initiative menilai layar raksasa  ini akan segera terhempas akibat hantaman angin dari berbagai arah.  

'’Bendungan ini dibuat dengan asumsi, angin selalu datang dari arah yang sama. Kenyataannya, arah angin selalu berubah karena berbagai faktor. Jika angin datang dari samping, layar akan segera terhempas,” ujarnya.

Kritik lain muncul. Hewan-hewan seperti burung mungkin akan menimbulkan masalah. Mereka menabrak layar kemudian tersedot ke dalam turbin. Penggunaan layar kevlar juga dikritik. Kebanyakan kapal yang menggunakan layar jenis itu sering mengalami kesulitan membersihkannya. Kotoran yang terbawa angin akan menempel dan terus terkumpul  sehingga memperberat layar.

Meski layar kevlar kuat dan lentur, tetapi rentan sinar ultraviolet. Panggangan sinar matahari akan membuat layar cepat rapuh dan rusak. Ada layar lain yang  lebih baik, yakni vectran, tetapi jauh lebih mahal.



Sumber: dari berbagai sumber

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook