Alpen Steel | Renewable Energy

~ Energi Biogas Dikembangkan di Lamongan

Lamongan Kembangkan Energi Biogas

Pekerja merakit reaktor untuk kompor biogas di PT Mulya Tiara Nusa, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/8). Setiap bulan, diproduksi sekitar 100 reaktor biogas pesanan sejumlah pemerintah daerah untuk dibagikan ke peternak di daerah, antara lain untuk peternak di Ciamis, Jawa Barat, dan Bali. Biogas digunakan para peternak sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar minyak.

Kabupaten Lamongan Jawa Timur mengembangkan energi alternatif biogas dari kotoran ternak. Pada Jumat (24/10) Sekretaris Kabupaten Lamongan Fadeli menyerahkan dua alat pengolah limbah kotoran ternak menjadi energi alternatif di Kecamatan Brondong.

Alat itu merupakan program pengembangan biogas asal ternak bersama masyarakat (Batamas) tahap I yang diberikan kepada Pondok Pesantren Al Islam Desa Tenggulun Kecamatan Solokuro dan Kelompok Ternak Lembu Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong. "Batamas didanai APBN dan tahun depan diusulkan ada tambahan tiga unit alat pengolah biogas dari kotoran ternak," kata Fadeli.

Selain Batamas, Pemkab Lamongan juga menyerahkan bantuan 750 ekor kambing/domba kepada 15 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang tersebar di 10 kecamatan. Masing-masing LMDH menerima 40 kambing betina dan 10 kambing jantan. Bantuan kambing/domba didanai APBD Lamongan Rp 547,5 juta.

"Baik Batamas maupun kambing domba dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Fadeli. Fadeli menyatakan posisi Lamongan sangat luar biasa dengan garis pantai sepanjang 47 kilometer. "Masyarakat harus mengolah potensi yang ada jangan sia-siakan potensi. Jika masyarakat menjaga susana kondusif investor tidak takut tanamkan modalnya di Lamongan khususnya di wilayah pantura," paparnya.


ACI
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook