Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangkit Listrik Dari Sampah

Pembangkit Listrik dari Sampah di Sekitar Gedung Anda
  

Normal 0 false false false MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:#0400; mso-fareast-language:#0400; mso-bidi-language:#0400;}

Gambar : www.cnet.com

Setiap berpikir tentang alternatif pembangkitan listrik mandiri di sebuah gedung, yang muncul adalah genset, atau solar panel. Mungkin saatnya dipertimbangkan alternatif yang lebih menarik dan ramah lingkungan, yaitu pembangkit listrik dari sampah.  IST Energy, sebuah perusahaan Amerika Serikat  di bidang energi berhasil menciptakan kontainer pembangkit listrik dari sampah yang bisa diparkir di sekitar gedung anda.

Mesin yang diciptakan IST diberi nama Green Energy Machine (GEM). Idenya, mesin ini dapat mensuplai  kebutuhan listrik dan panas suatu bangunan gedung dan sekaligus memecahkan masalah sampah yang dihasilkan.

Dengan memanfaatkan teknologi GEM, sampah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik dan panas.

GEM dapat mengkonsumsi hingga 3 ton sampah perkotaan dan biomasa setiap harinya dan mampu menghasilkan 120 kW listrik dan lebih dari dua kalinya dalam bentuk panas. Sampah yang dimasukkan dalam GEM akan mengalami proses pengeringan untuk kemudian diubah menjadi pellet. Pellet sampah selanjutnya dijadikan gas dengan proses gasifikasi. Proses gasifikasi mampu mengubah 95% sampah sedangkan 5% sisanya menjadi abu.

Namun salah satu kendala adalah masalah kebisingan yang dihasilkan mesin ini. Pengguna GEM harus mempertimbangkan lokasi “parkir” kontainer penghasil energi ini sehingga tidak mengganggu aktivitas dalam gedung.



Sumber: CNet

 
   
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook