Alpen Steel | Renewable Energy

Pabrik Pengolah Sampah di Kunjungi Presiden

 

Presiden Kunjungi Pabrik Pengolah Sampah

Di akhir kunjungan kerjanya di Shanghai selama dua hari, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu (28/10) siang, mengunjungi pabrik pengolah sampah Shanghai Pudong City Heat Energy. Kunjungan ini untuk membandingkan pengalaman bagaimana mengolah sampah menjadi energi.

Presiden dan rombongan menuju Pudong, pinggiran kota Shanghai, berkendara mobil sekitar 30 menit. Tiba di Pudong City Heat Energy, Presiden SBY disambut pimpinan dan staf Pudong City, dan langsung menuju keruang persentasi, dan melihat gambar-gambar proses pengolahan limbah hingga bisa menghasilkan energi.

Selanjutnya Presiden meninjau langsung ke pabrik limbah. Tak ada kesan kumuh atau kotor saat memasuki komplek pengolahan sampah. Bangunan pabriknya terjaga, penataan tamannya bagus, ada danau kecil buatan, jalannya bersih, seolah-olah bukan pabrik pengolah sampah. Padahal di sinilah sampah penduduk Shanghai dibakar setiap harinya mencapai sekitar 1100-1200 ton, dan menghasilkan daya listrik sebesar 35.000 – 40.000 kwh.

Saat memberikan penjelasan, di atas pesawat dari Filipina menuju Shanghai, Presiden SBY mengatakan tujuan kunjungan ke Pudong adalah mencari pembanding bagaimana mengolah limbah sampah menjadi energi. “Permasalahan sampah di negeri kita masih menjadi kendala, seperti di Bandung, Jakarta, dan daerah lainnya. Kita harus bisa membandingkan dengan negara lain yang mengalami persoalan yang sama, tapi bisa mengatasi persoalan itu, karena memiliki manajemen, teknologi yang tepat, ramah lingkungan, serta didukung oleh masyarakatnya,” ujar Presiden.

“Harapan kita, kunjungan itu menginspirasi --paling tidak menambah pengetahuan kita-- bagaimana bisa mengelola sampah di negeri kita. Untuk itu saya juga mengajak teman-teman dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dan Kementerian Lingkungan Hidup, bersama-sama melihat aspek lingkungannya, karena tentunya kita akan bertanggung jawab mengolah limbah, mengelola sampah, disamping harus sehat, juga ramah lingkungan," Presiden SBY menambahkan.

Setelah kurang lebih 45 menit melakukan kunjungan di Pudong, Presiden SBY beserta rombongan kembali ke tempat menginap di Hong Qiao State Guest. Selanjutnya Presiden melakukan pertemuan dan berdialog dengan sekitar 25 pengusaha Indonesia. Tepat pukul 17.00 waktu setempat atau 16.00 WIB, Presiden SBY bertolak ke Guilin melalui Bandara Internasional Hong Qiao, Shanghai.

(win)

 Shanghai:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook