Alpen Steel | Renewable Energy

~ dikelola Menjadi Energi Listrik Sampah di Banjarmasin

 Sampah Banjarmasin Bakal dikelola Menjadi Energi Listrik

 Pihak Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Kebersihan setempat bakal mengelola tumpukan sampah yang menggunung menjadi energi listrik guna menambah daya listrik yang belakangan selalu menjadi keluhan masyarakat setempat.

Dalam Pengelolaan sampah menjadi energi listrik tersebut, pihak Pemko menggandeng investor asing dari Austria, yakni AGT (Agency of Green Technology) Anlagenvertrieb GmbH," kata Kepala Dinas Kebersihan Kota Banjarmasin, Drs.Sayidinnor, kepada pers di balaikota Banjarmasin, Kamis.

Menurutnya, penandatanganan kerjasama pengelolaan sampah di Banjarmasin tersebut sudah ditandatangani antara pihak Walikota Banjarmasin, Haji Yudhi Wahyuni, dengan pihak AGT yang diwakili Dr Walter G Tonetto di balaikota beberapa hari lalu.

Dengan penandatangan nota kesepahaman ini diharapkan AGT dapat segera melakukan studi kelayakan pendahuluan terhadap pembangunan fasilitas pembangkit listrik tenaga sampah (PLTA) di lokasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) di kawasan Basirih Banjarmasin.

Ia menyebutkan, produk sampah yang bakal dikelola perusahaan asing tersebut sekitar 300 ton per hari, jika diasumsikan penduduk kota Banjarmasin 630 ribu jiwa dengan produksi 0,6 Kg sampah per jiwa per hari, tetapi jumlah sampah yang terkumpul di lokasi itu hanya sekitar 150 ton sampah saja per hari.

Dengan jumlah 150 ton sampah per hari, maka potensi listrik yang dapat dihasilkan berdasarkan teknologi gasifikasi AGT yang telah dipatenkan sebagai teknologi Low Temperature Coversion (LTC), berkisar 200 MWH per hari atau PLTSA kapasitas 8-10 MW.

Dalam nota kesepahaman yang ditandatangani tersebut, disepakati AGT akan melakukan studi kelayakan dalam jangka waktu enam bulan. Sasaran utama dari studi ini adalah untuk mengetahui karakteristik sampah Kota Banjarmasin baik volume dan juga kandungan kalorinya.

Hal lain yang juga akan diperhatikan adalah aspek teknis/ lingkungan, ekonomi, hukum dan sosial dari pembangunan PLTSA.

Berdasarkan studi AGT dapat menentukan secara pasti berapa kapasitas PLTASA yang akan dibangun dan juga besaran nilai investasinya, kata Sayidinnoor.

Hasil studi kelayakan yang didapat akan menjadi acuan bagi pemerintah kota untuk menawarkan peluang investasi PLTSA tersebut melalui mekanisme lelang terbuka kepada AGT dan juga khalayak umum.

Namun demikian, AGT berharap dapat menjadi mitra utama pemerintah Kota Banjarmasin dalam pengelolaan sampah tersebut.

Pembangunan PLTSA ini akan menjadi salah satu solusi terbaik dalam mengatasai krisis energi listrik belakangan ini dan juga pemecahan masalah penanganan sampah kota yang terus meningkat, dengan motto "Sampah hilang Banjarmasin bersih dan terang benderang.

Powered by Jafam-ICT.

(ANT)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook