Alpen Steel | Renewable Energy

~ Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET)


Pengukuran Medan Listrik Dan Medan magnet Di Bawah SUTET 500kV

SUTET

Sampai sekarang masyarakat masih khawatir tinggal di bawah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500kV. Ketakutan ini nampaknya berawal dari pernyataan ahli Epidemiologi bahwa SUTET dapat membangkitkan medan listrik dan medan magnet yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan manusia. Bahkan ada masyarakat yang mengeluh pusing-pusing walaupun belum dapat dibuktikan penyebabnya. Kehadiran medan listrik dan medan magnet di sekitar kehidupan manusia tidak dapat dirasakan oleh indera manusia, kecuali jika intensitasnya cukup besar dan terasa hanya bagi orang yang hipersensitif saja. Medan listrik dan medan magnet termasuk kelompok radiasi non-pengion. Radiasi ini relatif tidak berbahaya; berbeda sama sekali dengan radiasi jenis pengion seperti radiasi nuklir atau radiasi sinar rontgen.

Medan listrik dan medan magnet sudah ada sejak Bumi kita ini terbentuk. Pada awan yang mengandung air terdapat medan listrik sebesar 3.000 - 30.000 V/m. Demikian juga Bumi secara alamiah bermedan listrik (100-500 V/m) dan bermedan magnet (0,004 - 0,007 mT). Di dalam rumah, di tempat kerja, di kantor atau di bengkel terdapat medan listrik dan medan magnet buatan. Medan listrik dan medan magnet ini biasanya berasal dari instalasi dan peralatan listrik antara lain: sistem instalasi dalam rumah, lemari pendingin, AC, kipas angin, pompa air, telebvisi, mesin tik elektronik, mesin fotokopi, komputer, printer, mesin las, kompresor, daluran udara tegangan rendah.menengah(SUTR/M) yang berdekatan, dan lain-lain. Pada sistem instalasi yang bertegangan dan berarus selalu timbul medan listrik, tetapi medan listrik ini sudah melemah karena berjarak cukup jauh dari sumber.

Di bawah SUTR dan SUTM kuat medan magnet bervariasi antara 0,1 - 3,5 mikrotesla. Di bawah bangunan rumah, kantor, bengkel, atau pabrik, medan magnet dari saluran udara ini jauh lebih lemah lagi. Diusahakan jalur SUTET tidak melintasi daerah pemukiman, hutan lindung maupun cagar alam. Di beberapa daerah pemukiman yang padat mungkin jalur SUTET tidak bisa dihindari, tetapi baik medan listrik maupun medan magnet tidak boleh di atas ambang batas yang diperbolehkan. Medan listrik di bawah jaringan dapat menimbulkan beberapa hal antara lain :

 

  • menimbulkan suara/bunyi mendesis akibat ionisasi pada permukaan penghantar/konduktor yang kadang sisertai cahaya keunguan,
  • bulu / rambut berdiri pada bagian badan yang terpajan akibat gaya tarik medan listrik yang kecil
  • lampu neon dan tes-pen dapat menyala tetapi redup akibat mudahnya gas neon dalam tabung lampu dan tes-pen terionisasi
  • kejutan lemah pada sentuhan pertama terhadap benda-benda yang mudah menghantarkan listrik seperti atap seng, pagar besi, kawat jemuran dan badan mobil


Tulisan berikutnya tentang hubungan medan listrik dan medan magnet dengan kesehatan.

Dikutip dari : Laporan Evaluasi Teknis dan Sosialisasi pada Masyarakat tentang Dampak Medan Listrik dan Medan Magnet di Bawah SUTT/SUTET, Proyek Penelitian Teknologi Energi dan Katenagalistrikan, Ditjen Listrik Pengembangan Energi (oleh: Ir. Nanan Tribuana, Staf Ditjen Listrik dan Pengembangan Engergi, Jakarta.)  
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook