Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemerintah Harus Fokus Pada Program Pembangunan Infrastruktur dan Pemukiman

Pengamat: Program Penanganan Kemiskinan PU Harus Tepat Sasaran

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum fokus pada berbagai program pembangunan infrastruktur dan permukiman di pedesaan bagi masyarakat kurang mampu. Menurut pengamat ekonomi, Siwage Dharma Negara, ia setuju dengan program-program tersebut dan harus dijalankan secara benar serta tepat sasaran.


Foto: ASSOCIATED PRESS
Kementerian Pekerjaan Umum juga mendapat tugas dalam program penanganan kemiskinan di perkotaan, khususnya di daerah-daerah kumuh (foto: ilustrasi).

Kepada VoA di Jakarta, Kamis, pengamat ekonomi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI, Siwage Dharma Negara berpendapat, penyelesaikan persoalan kemiskinan memang harus menjadi prioritas pemerintah jika ingin Indonesia semakin maju di masa mendatang. Ia percaya pemerintah serius dan memperhitungkan secara matang pembiayaan program pengentasan kemiskinan dalam anggaran negara.

Ia mengatakan, “Prioritas itu sudah ditetapkan dalam program rencana pembangunan jangka menengah dan panjang, ada beberapa prioritas ditetapkan oleh pemerintah dan saya setuju dengan hal-hal tersebut, kalau dilihat dari pos APBN itu juga memcerminkan prioritas anggaran, pendidikan, kesehatan, infrastruktur”.

Ditambahkan Siwage Dharma Negara, meski ia optimistis persoalan kemiskinan akan terus diperhatikan pemerintah namun ia juga khawatir anggaran berkurang karena permasalahan lain diantaranya subsidi energi. Menurutnya posisi pemerintah dalam dilema soal subsidi energi karena subsidi energi juga untuk masyarakat kurang mampu namun sering tidak tepat sasaran membuat subsidi energi tidak efektif.

Sumber : VOA Indonesia


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook