Alpen Steel | Renewable Energy

~ Material Baru Membuat Objek tak Terlihat

Material Baru Membuat Objek tak Terlihat


LIVESCIENCE/
LIVESCIENCE/"PRLM"
 
PEMINDAIAN mikroskop elektron memperlihatkan gambar tank menjadi gelap berkat kamuflase karbon nanotube.*

LANSING, (PRLM).- Sebuah lapisan karbon nanotube yang sangat hitam mampu membuat objek menjadi siluet dan bisa menjadi dasar perangkat siluman masa depan. Seperti jubah tembus pandang, materi ini bisa membuat sesuatu menghilang sepenuhnya bila dilihat dengan latar belakang hitam.

"Yang paling menarik adalah bahwa hal itu membuat setiap tampilan objek tiga dimensi seperti bayangan," kata peneliti Haofei Shi dari University of Michigan. "Anda tahu ada sesuatu di sana tetapi Anda tidak tahu apa itu," tambahnya seperti dilansir LiveScience, baru-baru
ini.

"Efek ini bekerja bahkan di bawah cahaya langsung dan dari beberapa sudut pandang, inilah lapisan penyerap cahaya pertama yang sempurna," kata Shi. Mampu menelan spektrum yang luas dari cahaya, bahan seperti kertas ini memiliki potensi untuk pesawat terbang siluman dan sel surya.

"Anda bisa memakai mantel yang terbuat dari bahan ini dan Anda akan terlihat seperti selembar kertas hitam datar," kata Jay Guo dari University of Michigan. "Mereka tidak bisa melihat aspek 3-D seseorang dalam mantel tersebut... Ini akan menjadi mantel musim dingin yang sangat bagus. Semua gelombang cahaya dari luar dapat sepenuhnya diserap dan berubah menjadi panas."

Pikiran-Rakyat.com


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook