Alpen Steel | Renewable Energy

~ PT Soma Daya Utama Bangun PLTU Senilai USD 100 Juta

 PT Soma Daya Utama Bangun PLTU Senilai USD 100 Juta

Sumatera) PT Soma Daya Utama merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengembangan dan pembangunan pembangkit listrik yang akan berinvestasi sebesar 100 juta dollar AS untuk mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2×25 MW.

Direktur Utama PT Soma Daya Utama, Franky Yason di Jakarta, Rabu (15/4) mengatakan jika pihaknya membidik Zona Perdagangan Bebas atau Free Trade Zone (FTZ) di Pulau Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau sebagai area pengembangan bisnisnya.

Perseroan telah mendapatkan izin tentang penetapan wilayah usaha penyediaan tenaga listrik sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No: 943 K/20/DJL.3/2014 tanggal 20 Oktober 2014 untuk beroperasi di dalam Zona I Area FTZ Karimun.

Area tersebut dinilai potensial karena pada saat ini sebagian besar industri yang beroperasi di FTZ Karimun masih mengandalkan pemakaian Diesel Generator sendiri untuk pembangkit listrik dengan biaya sangat tinggi terutama untuk konsumsi bahan bakar minyak (HSD Fuel).

Dengan adanya pasokan energi listrik dari PLTU tersebut diharapkan dapat menarik lebih banyak minat para investor asing maupun lokal untuk memanfaatkan fasilitas dan kemudahan yang diberikan oleh kawasan perdagangan tersebut.

Selanjutnya Franky menambahkan bahwa PLTU dengan kapasitas sebesar 2×25 MW tersebut menggunakan nett bahan bakar batu bara dan memberikan pasokan tenaga listrik yang berkelanjutan, andal serta efisien. Dengan investasi sebesar 100 juta untuk mendirikan PLTU, nantinya dapat mengganti seluruh penggunaan pembangkit listrik dengan Diesel Generator berbahan bakar minyak.

Tentunya hal tersebut akan memberikan dampak positif karena akan beralih dari sumber energi pembangkit minyak yang harganya semakin mahal dan semakin menipis cadangannya di dalam negeri. Penggunaan batu bara sebagai sumber energi pembangkit PLTU dinilai lebih efisien selain juga Indonesia masih memiliki cadangan batu bara dalam jumlah yang besar.

Selain itu Franky mengatakan jika perusahaan telah selesai melaksanakan kajian-kajian yang terdiri dari prastudi kelayakan, studi kelayakan pembangkit sampai dengan studi lingkungan serta finalisasi pembebasan lahan di lokasi pembangkit. Rencananya PLTU tersebu akan mulai beroperasi pada tahun 2018 mendatang dengan sumber energi batu bara yang berasal dari wilayah Sumatera.

Ketersediaan bahan baku yang berkualitas dan ramah lingkungan harus dilakukan pada proyek PLTU, dan Dampak antara lain biaya produksi di sektor industri menjadi lebih murah.

 

Sumber : Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook