Alpen Steel | Renewable Energy

~Tahun 2015 Jadilah Insan Yang Lebih "Hijau"

Tahun 2015 Jadilah Insan Yang Lebih "Hijau"

Tahun 2015 terbentang di depan mata! Sudah saatnya kita semakin semangat melestarikan lingkungan di sekitar kita. Tidak usah muluk-muluk, coba dari diri kita saja dulu. Yuk, simak tips berikut ini agar di tahun 2015, kita semakin “hijau”.

• Membawa tempat makan dan tempat minum sendiri

Di tahun 2015, mari kita mulai membiasakan diri membawa tempat makan dan tempat minum sendiri kemanapun kita pergi. Kenapa? Karena kita akan menghemat penggunaan plastik dan kertas yang diperlukan untuk mengemas makanan dan minuman. Selain itu, menggunakanlunch boxdantumblerpribadi juga membantu mengurangi timbulnya sampah kemasan.

• Siapkan kantong belanja selalu

Selalu menyiapkan kantong belanja yang mudah dilipat dan dibawa adalah keharusan jika kita hendak bepergian. Kantong belanja yang terbuat dari kain dengan jahitan yang kuat akan sangat membantu jika kita memerlukan kantong untuk menampung belanjaan. Dengan begitu, kita tidak perlu meminta kantong plastik, apalagi sampai minta didouble, untuk membawa barang belanjaan. Kantong belanja dari kain ini juga bisa kita manfaatkan untuk melapisi pakaian atau sepatu di dalam tas seandainya kita ingin membawa barang-barang tersebut.

• Hemat Air

Persediaan air bersih dan layak konsumsi di bumi ini semakin menipis lho Sobat Greeners. Sayangnya, pemborosan air seringkali kita lakukan karena kebiasaan. Misalnya, tidak menutup keran air saat sedang menyabun tangan, berlama-lama membilas diri ketika mandi, membiarkan keran air tidak tertutup rapat saat tidak digunakan, dan masih banyak lagi. Yuk, hentikan kebiasaan ini di tahun 2015 dan mulai menggunakan air seperlunya.

• Hemat Listrik

Siapa yang suka mengisi daya ponsel kemudian ditinggal tidur? Atau, membiarkan pendingin ruangan (AC) menyala terus-menerus? Kebiasaan buruk ini tidak hanya dapat merusakgadget, tapi juga boros energi. Efek buruk lainnya, kita turut memperparah pemanasan global.

Melaju  bersama sepeda

Kurang berolahraga dan mudah sakit adalah beberapa hal yang sering dialami oleh orang yang tinggal di kota besar. Untuk menyiasatinya, yuk, sesekali bersepeda ke kantor atau kampus. Dengan bersepeda, jantung, paru-paru dan otot kita akan berolahraga sehingga daya tahan tubuh kita meningkat. Menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi jarak pendek dan menengah juga berarti membantu pemerintah untuk hemat BBM (bahan bakar minyak) dan mengurangi emisi karbon di udara.

Tahun Tanpa Gadget Baru

Kebutuhan untuk mengikuti tren bukan tanpa resiko. Tahukah kamu bahwa produksi gadget sangat berpengaruh pada penyediaan bahan alami yang dibutuhkan didalamnya. Serta dalam sebuah gadget baru pastinya terdapat jejak karbon yang tidak kecil. Mari kita maksimalkan pengunaan gadget yang sudah ada, tanpa harus terganggu dengan tren dan fitur baru yang tidak jauh berbeda fungsinya.

• Mulailah memilih pangan local

Memilih pangan lokal adalah memilih jati diri. Karena dengan mengonsumsi pangan lokal kamu sudah mendukung kelangsungan siklus kehidupan masyarakat sekitar kamu. Sesungguhnya Indonesia sangat kaya dengan pangan lokal yang penuh manfaat, bahkan jauh lebih bergizi dari pangan impor yang sarat dengan jejak karbon . Jadi segeralah cari tahu pangan lokal disekitarmu dan mulai konsumsi!

Menerapkan gaya hidup “hijau” di tahun 2015 adalah salah satu resolusi terbaik kita untuk diri kita sendiri dan juga bagi lingkungan. Go green, go greeners!

Sumber: http://www.greeners.co/gaya-hidup/tahun-2015-jadilah-insan-yang-lebih-hijau/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook