Alpen Steel | Renewable Energy

~Mesin Canggih Ini Bisa Ubah Air Jadi Bensin

Liputan6.com, Jerman - Banyak desainer yang berlomba-lomba untuk membuat mobil yang bisa berjalan di atas air. Tapi mereka lupa bahwa kendaraan itu dapat membuat penggunaan bahan bakar minyak (bbm) kian meningkat.

Untuk memecahkan masalah tersebut, sekelompok insinyur kimia dari Jerman merancang sebuah mesin yang dapat mengubah air menjadi bensin. Mesin itu mampu mensintesis bahan bakar berbasis minyak bumi dari air dan karbon dioksida. Mesin ini dapat mengkonversi gas yang diekstrak dari air menjadi bahan bakar hidrokarbon cair.

Mengutip laman Ubergizmo, Kamis (4/12/2014), CFO dan co-founder perusahaan mekanis Sunfire GmbH, Nils Aldag, mengatakan bahwa mesin ini merupakan sebuah `keajaiban` karena benar-benar mengubah cara manusia memproduksi bahan bakar untuk mobil, pesawat, dan juga industri kimia. 

Mesin itu sendiri beroperasi menggunakan daya listrik, memanfaatkan proses yang dikenal dengan sebutan Fischer-Tropsch Synthesis, yang pertama kali dikembangkan oleh ahli kimia Jerman Franz Fischer dan Hans Tropsch pada tahun 1925.

Metode tersebut diklaim dapat mengkonversi pewarnaan, tidak berbau, tidak mudah terbakar serta gas hidrogen yang diambil dari uap air menjadi bahan bakar cair berbasis seperti jet minyak tanah dan solar melalui elektrolisis.

Sunfire GmbH berharap mesin canggih ini siap digunakan secara komersil pada tahun 2016 mendatang.


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook