Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangkit Listrik Tenaga Angin

PLT Angin, untuk Pembangkit Listrik di Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Angin merupakan salah satu pilihan pembangkit listrik yang tidak memerlukan bahan bakar, sehingga bebas polusi. Di akhir tahun 2007, pembangkitan listrik dengan cara ini di dunia mencapai 94,1 gigawatt. Secara global, dari tahun 2000 hingga 2007 peningkatan energi listrik yang dibangkitkan mencapai lima kali lipat. Jerman, Amerika Serikat, dan Spanyol merupakan tiga negara yang menghasilkan energi listrik terbesar dari PLT Angin di dunia.

Melihat perkembangan seperti ini di dunia, kapankah Indonesia memanfaatkan PLT Angin ini sebagai pembangkit listrik secara massal? Indonesia merupakan negara kepulauan dan pegunungan yang mana memiliki potensi tenaga angin yang besar. Sebagai gambaran, negara Denmark mampu memenuhi 1/5 kebutuhan energi listriknya dengan mengandalkan PLT Angin. Apakah Indonesia bisa? Untuk mencapainya, diperlukan dukungan dari pemerintah, masyarakat, serta orang-orang yang mampu merealisasikan di Indonesia.

PLT Angin di Okinawa, Jepang
Pembangkit listrik tenaga angin di Okinawa, Jepang

Mengenai stabilitas pembangkitan listrik, PLT Angin ini memang masih kurang stabil. Namun bukan berarti kita berputus asa begitu saja. PLT Angin masih dapat didukung dengan membangun banyak pembangkit yang tersebar. Di samping itu, dapat juga memanfaatkan PLT Matahari atau PLT lainnya serta media penyimpan energi listrik. Dengan demikian, ketidakstabilan ini dapat ditangani.

Menurut Anda sendiri, apakah Anda setuju dengan penggunaan PLT Angin di Indonesia?

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Wind_power

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook