Alpen Steel | Renewable Energy

~7 Cara Memaksimalkan Kertas Bekas

7 Cara Memaksimalkan Kertas Bekas

Banyak orang yang masih tidak menyadari bahwa kertas merupakan olahan dari pohon. Perlu banyak pohon yang ditebang di hutan demi menghasilkan kertas untuk buku, koran, tissu, dan lainnya. Namun sayangnya, banyak pula lembaran kertas terbuang percuma karena fungsinya biasanya hanya sekali pakai.

Agar kertas bekas dapat berfungsi maksimal, berikut ini beberapa tips cara memanfaatkan kembali kertas koran atau majalah bekas.

1. Dekorasi Rumah

Sudah banyak buku-buku dan situs internet yang mengulas tentang berbagai kreasi unik dekorasi rumah dengan menggunakan bahan kertas koran atau majalah bekas. Kreasi ini dapat berupa hiasan dinding, bunga, lukisan, dan masih banyak lagi.

2. Aksesoris

Kertas koran maupun majalah bekas dapat dijadikan aksesoris yang bisa membuat penampilan menjadi lebih menarik dan tampil beda. Liontin kalung, mata cincin, dan hiasan penjepit rambut adalah beberapa diantaranya.

 

3. Mainan

Pesawat terbang, kapal laut, maupun berbagai hewan yang dilipat dengan teknik origami dapat membuat kertas bekas menjadi menarik. Selain menarik, kegiatan membuat mainan dari kertas bekas ini dapat melatih daya imajinasi dan kemampuan motorik pada anak.

 

4. Penyerap Air

Jika ingin menyimpan sepatu, tas, barang pecah belah, maupun peralatan besi dalam waktu lama, gunakanlah kertas bekas untuk melapisi atau menyumpal barang-barang tersebut. Kertas memiliki daya serap yang cukup baik terhadap air sehingga dapat mengurangi kelembapan.

 

5. Menjaga Kesegaran Sayuran

Agar sayur yang disimpan dalam lemari es ataupun suhu ruangan tidak cepat kering atau layu, gunakan kertas bekas untuk membungkus sayur tersebut.

 

6. Penutup Rak

Untuk mencegah rak dari kotor dan kerusakan, gunakan kertas koran atau majalah bekas untuk menutup rak buku, sepatu, maupun pakaian agar tetap bersih.

 

7. Membersihkan Kaca

Kaca jendela rumah maupun pajangan dari kaca dapat dibersihkan dengan menggunakan kertas koran bekas. Caranya, rendam kertas di air lalu bersihkan kaca, terakhir keringkan dengan menggunakan kain.

 

Selain tujuh cara di atas, ada banyak trik menggunakan kertas bekas untuk keperluan sehari-hari. Cobalah untuk meluangkan waktu dan kreatifitas untuk mengolah kembali kertas bekas ini. Dengan memaksimalkan kertas bekas, kita turut menjaga lingkungan dari sampah dan melestarikan pohon.

 

Sumber: http://www.greeners.co/gaya-hidup/memaksimalkan-kertas-bekas/3/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook