Alpen Steel | Renewable Energy

~Kembali ke Sekolah ala Greeners

Kembali ke Sekolah ala Greeners

Tahun ajaran baru sudah dimulai! Sobat Greeners bisa menggunakan momentum ini untuk lebih peduli dengan lingkungan dan mengajak teman-teman satu sekolah untuk melakukan hal yang sama. Berikut ini beberapa aktifitas yang bisa Sobat Greeners terapkan bersama teman-teman dan guru di sekolah.

• Guna ulang barang-barang lama

Kemeja seragam masih bagus? Kenapa tidak untuk memakainya kembali di tahun ajaran yang baru? Memasuki tahun ajaran baru, tidak perlu bersikap boros dan malah membuat sampah. Dengan sedikit usaha dan kreatifitas, Sobat Greeners dapat menggunakan ulang barang-barang lama, seperti seragam, tas, sepatu, buku tulis, dan perlengkapan belajar lainnya dalam tampilan yang lebih menarik.

• Tumbler dan lunch box

Lengkapi perlengkapanmu dengan peralatan ‘hijau’! Biasakan membawa tumbler dan tempat makan (lunch box) dari rumah. Isi tempat makan Sobat Greeners dengan makanan yang bergizi dan organik. Selain tubuh menjadi lebih sehat, kebiasaan ini juga mengurangi sampah kemasan.

• Bike to school

Bersepeda ke sekolah, kenapa tidak? Sobat Greeners tetap keren kok ke sekolah dengan sepeda. Selain turut mengurangi pembuangan gas karbon ke udara dan irit biaya, dengan bersepeda tubuh tetap bugar. Ajak teman-temanmu untuk bersepeda bersama ke sekolah, siapa tahu kalian bisa membentuk klub sepeda sekolah dan mempelopori kegiatan kreatif dan positif dengan sepeda.

• Memilah sampah

Mulailah membuang sampah pada tempatnya. Lebih dari itu, pilah sampah Sobat Greeners dan buang pada tempat yang sesuai. Sampah sisa makanan, dedaunan, sisa memasak, dan sampah basah lainnya, bisa Sobat Greeners kumpulkan ke dalam tempat sampah organik untuk selanjutnya diolah menjadi kompos. Sampah plastik, kertas, kaleng, masuk dalam tempat sampah anorganik. Sampah jenis ini dapat dikumpulkan di koperasi sampah untuk selanjutnya dijual ke pengepul. Dengan membuat koperasi sampah, Sobat Greeners akan belajar mengelola sampah dan uang sekaligus.

 

• Hijaukan Sekolah

Ajak teman-teman dan guru di sekolah untuk menambah koleksi tanaman sekolah. Gunakan tanaman hasil pengembang biakan dari tanaman yang ada di rumah atau sekitar rumah. Memulai dari benih juga tidak ada salahnya untuk dicoba. Tanaman buah, sayur dan obat akan sangat berguna dikemudian hari jika pohonnya dirawat dengan baik. Selain itu, udara juga menjadi lebih bersih dan segar karena sudah disaring secara alami melalui proses respirasi tumbuhan.

Peduli dengan lingkungan di sekitar kita tidaklah sesulit yang dibayangkan. Tindakan sederhana namun nyata akan sangat bermanfaat daripada hanya diangan-angan. Jika Sobat Greeners punya ide ‘hijau’ lainnya, beritahu kami ya! Salam lestari.

 

Sumber: http://www.greeners.co/gaya-hidup/kembali-ke-sekolah-ala-greeners/4/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook