Alpen Steel | Renewable Energy

~“Green Waters”, Kamar Mandi Ramah Air

“Green Waters”, Kamar Mandi Ramah Air

Banyak air terbuang begitu saja pada waktu kita mandi atau saat memencet tombol flush di toilet. Padahal air dari limbah rumah tangga ini dapat digunakan kembali, salah satunya untuk menyiram tanaman. Tapi, bagaimana cara mengelola air kotor tersebut?

Patrick Nadeau meluncurkan ide mendaur ulang air kotor limbah rumah tangga, khususnya air yang berasal dari kamar mandi. Dalam karya yang ia namakan Green Waters, Patrick Nadeau memperlihatkan kamar mandi yang dilengkapi aneka macam tumbuhan, termasuk tanaman gantung. Berada di kamar mandi rancangan Nadeau rasanya seperti berada di tengah hutan yang canggih!

Nadeau merancang kamar mandi yang mana air buangannya dipakai untuk menyiram tanaman-tanaman yang ada di kamar mandi tersebut. Air kotor tidak lagi langsung dibuang ke pipa pembuangan air kotor, melainkan didaur ulang dalam satu tempat yang sama.

Patrick Nadeau mengubah sistem pengolahan air kotor konvensional yang menggunakan bahan kimia dan dapat mencemari air. Ia menggunakan aneka tanaman yang dapat menyaring kotoran dengan teknologi seperti toilet kompos. Tanaman yang digunakan adalah sejenis tanaman rawa yang ia tempatkan di kamar mandi dimana perputaran air tersebut berada. Cara ini dapat membantu melestarikan air dengan menghemat, mendaur ulang, dan memfilter air secara alami.

Baru-baru ini kamar mandi Green Waters rancangan Nadeau dipamerkan di Ideo Bain di Paris, Perancis. Ia merancang kamar mandi ini untuk LG Hausys dan berkolaborasi dengan HI-MACS.

Sumber: http://www.greeners.co/ide-inovasi/green-waters-kamar-mandi-ramah-air/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook