Alpen Steel | Renewable Energy

~ Jepang Krisis Listrik Gara Gara Pembangkit Nuklir Rusak Akibat Gempa Tsunami

Rusia Siapkan 6.000 Megawatt bagi Jepang

MOSKOW, KOMPAS.com (
Benny N Joewono) - Rusia siap mengalihkan sekitar 6.000 megawatt listriknya dari provinsi Timur Jauh untuk membantu Jepang dalam menghadapi kelangkaan listrik akibat gempa.
ShutterstockPembangkit listrik tenaga nuklir

"Kami tengah menyiapkan saran untuk menyediakan dukungan bagi mitra kami," kata Wakil Perdana Menteri Igor Sechin, yang menyampaikan pesan Presiden Dmitry Medvedev, dalam rapat di Kremlin, Senin (14/3/2011).

"Dalam waktu dekat, kami dapat mengalihkan sekitar 6.000 megawatt daya untuk Jepang," kata pejabat tinggi badan tenaga listrik Rusia.

Laporan sebelumnya menyebutkan, ekspor tenaga listrik tersebut dapat dilakukan melalui kabel bawah laut, yang menghubungkan kedua negara itu.

Sechin mengatakan, raksasa gas alam Rusia, Gazprom, juga bersiap mengirim sejumlah 200.000 ton gas alam cair ke Jepang pada April dan Mei.

Pemerintah Jepang pada Minggu mengumumkan kemungkinan kekurangan pasokan listrik menyusul pemadaman beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir, sehingga warga Jepang akan menghadapi pemadaman bergilir listrik selama tiga jam sehari.

"Pemadaman bergilir tersebut diperkirakan berlangsung beberapa pekan," kata Kepala Badan Enerji dan Sumber Daya Jepang, Tetsuhiro Hosono, Minggu.

Masa depan industri atom Jepang menjadi perhatian utama menyusul kebocoran radio aktif dan ledakan di pembangkit listrik pada Sabtu. Industri nuklir memasok sekitar 30 persen kebutuhan listrik Jepang.

Secara keseluruhan, sebelas dari 50 pembangkit nuklir di Jepang terletak di wilayah terparah, yang dilanda bencana, dipadamkan setelah gempa
.


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook