Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kulkas Pendingin Dan Pembeku Vaksin

Kulkas Vaksin Tenaga Surya FrozenSteel ®

FrozenSteel® adalah kulkas pendingin dan pembeku vaksin atau darah portabel buatan USA yang paling efisien dipasaran. Banyak lembaga-lembaga di seluruh dunia telah bertahun tahun mengandalkan kulkas vaksin FrozenSteel®. Termasuk  departemen kesehatan, klinik diabetes, laboratorium medis, universitas, pusat-pusat penyakit menular, klinik imunisasi, puskesmas dan berbagai organisasi pemerintah. Kulkas vaksin FrozenSteel® sangat ideal untuk transportasi obat-obatan, vaksin, darah, dan banyak lagi.

Kulkas pendingin dan pembeku vaksin FrozenSteel® dapat bekerja pada catu daya yang berasal dari listrik 220 VAC, 12 VDC, 24 VDC, solar cell maupun baterai. Dengan baterai deep cycle kapasitas 120 AH, kulkas vaksin FrozenSteel® dapat bertahan hingga 5 hari (tergantung temperatur luar), sehingga sangat cocok untuk dipergunakan didaerah yang sangat terpencil sekalipun.Dilengkapi dengan alarm suhu dan thermostat digital canggih yang akan mengendalikan suhu secara presisi sesuai dengan suhu yang diinginkan.

Thermostat digitalnya mampu menurunkan suhu hingga -20° C.Kulkas FrozenSteel® akan tetap menjaga vaksin tetap dingin sekalipun dalam cuaca yang sangat terik dengan mengkonsumsi energi paling hemat. Kulkas FrozenSteel® pernah ditest di gurun pasir Arizona di Amerika pada suhu 46º C. Temperatur didalam ruang pendinginnya tetap stabil pada -2º C dengan hanya mengkonsumsi 3,8 A, dan mengkonsumsi 2,3 A pada suhu 29º C.

Di dalam ruang pendinginnya, unit ini dilengkapi dengan kipas angin yang berfungsi mencegah thermal layering dan menjaga suhu tetap konsisten secara merata.

FrozenSteel® sangat efisien karena casingnya terbuat dari marine grade aluminum yang berfungsi sebagai kondensator untuk menghantarkan panas. Produk lainnya menggunakan kipas angin dan kondensator eksternal. Masalahnya kipas angin mengkonsumsi listrik dan kondensator external rentan terhadap kebocoran yang dapat mengundang karat.

Kulkas FrozenSteel® diriset selama bertahun tahun hingga mencapai tingkat kesempurnaan yang tinggi. Casing-nya terbuat dari anodized aluminum, bukan plastik atau pelat besi di cat yang akhirnya berkarat. Handelnya terbuat dari anodized aluminum pejal yang sudah diuji tarik hingga ½ ton.Penutupnya terbuat dari ABS yang telah diberi 2 lapis anti UV yang akan menahan warnanya agar tidak pudar. Seluruh komponen electroniknya menggunakan spesifikasi militer Amerika (American Military Specification).
FrozenSteel® menjamin spare parts dan biaya kerja kulkas yang anda beli selama 1 tahun.

Ada 2 jenis kulkas portabel dipasaran: sistem thermoelektrik (sistem peltier) dan sistem kompressor.

Thermoelectric coolers bukan kulkas. Contohnya adalah Igloo® dan Coleman® yang biasanya dipakai untuk piknik. Keunggulan thermoelektrik cooler harganya murah dan ukurannya yang kecil. Kelemahan utamanya hanya bisa dingin lebih rendah sekitar 15-17 º C dari suhu luar. Misalnya, ketika suhu diluar 32º C, suhu didalam thermoelectrik cooler hanya akan mencapai sekitar 15º C saja. Thermoelectrik juga tidak dapat membekukan isinya. Dalam suhu yang panas sekali, kinerjanya buruk. Cooler jenis ini terus berjalan dan mengkonsumsi sebanyak 10A, sehingga sangat tidak disarankan untuk penggunaan catu daya dari solar cell maupun kendaraan, sebab besar kemungkinan kendaraan anda tidak dapat distarter.

Sistem kompresor yang dipergunakan pada kulkas pendingin dan pembeku vaksin FrozenSteel®
dirancang dengan menggunakan peralatan yang sama dengan kulkas pendingin/pembeku di rumah anda. Sistem jenis ini mengkonsumsi daya yang jauh lebih hemat dan dapat membekukan atau mendinginkan pada suhu luar yang sangat panas. Sistem ini berfungsi lebih baik dan lebih efisien daripada sistem thermoelectrik.

FrozenSteel®  model 15L, 20L, 35L, 45L dan 60L hanya membutuhkan antara 2,3 A dan 3,8 A bila kompresornya bekerja. Model 100 L model ini hanya membutuhkan antara 4,6 A dan 7,6 A. Semua model kulkas  FrozenSteel® terinsulasi dengan sangat sempurna sehingga  kompresor hanya dijalankan secara otomatis sekitar 10 hingga 15 menit rata-rata per jam untuk menjaga suhu didalam ruangan kulkas.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook